Apa itu Arduino ?

Apa itu Arduino ?
Arduino adalah prototyping platform perangkat keras dan perangkat lunak berbasis open-source yang mudah digunakan.


Modul Arduino mampu membaca melalui sensor, tombol, ataupun pesan dan mengubahnya menjadi output untuk mengaktifkan motor, menyalakan LED, LCD dan penerus melalui port lain, anda dapat memberitahu perintah apa yang harus dilakukan dengan mengirimkan satu set instruksi ke mikrokontroler ke modul lcd.

Salah satu modul ARDUINO UNO :



Untuk melakukannya Anda menggunakan bahasa pemrograman Arduino (berdasarkan Wiring), dan perangkat lunak Arduino (IDE), berdasarkan Pengolahan.

Selama bertahun-tahun Arduino telah menjadi otak dari ribuan proyek, dari benda-benda sehari-hari untuk instrumen ilmiah yang kompleks. Sebuah komunitas di seluruh dunia yang membuat seperti siswa, penggemar, seniman, programer, dan profesional telah berkumpul di sekitar platform open-source ini, kontribusi mereka telah menambahkan sampai jumlah yang luar biasa dari pengetahuan diakses yang dapat membantu untuk pemula dan ahli sama.

Arduino lahir di Ivrea Interaksi Design Institute sebagai alat mudah untuk prototyping cepat, ditujukan untuk siswa tanpa latar belakang dalam elektronik dan pemrograman. Begitu mencapai masyarakat luas, modul Arduino mulai berubah untuk beradaptasi dengan kebutuhan dan tantangan baru, dari papan 8-bit sederhana untuk produk aplikasi IOT, wearable, cetak 3D, dan lainnya. Semua Modul Arduino benar-benar open-source, Arduino memberdayakan pengguna untuk membangun secara mandiri dan akhirnya menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perangkat lunak nya adalah open source, dan tumbuh melalui kontribusi dari pengguna di seluruh dunia.

Mengapa Arduino?

Berkat pengalaman pengguna yang sederhana dan mudah diakses nya, Arduino telah digunakan dalam ribuan proyek yang berbeda dan aplikasi.  Perangkat lunak Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup fleksibel untuk pengguna tingkat lanjut. Ini berjalan pada Mac, Windows, dan Linux.
Guru dan siswa dapat menggunakannya untuk membangun instrumen ilmiah murah, untuk membuktikan prinsip-prinsip kimia dan fisika, atau untuk memulai dengan pemrograman dan robotika. Desainer dan arsitek membangun prototipe interaktif, musisi dan seniman menggunakannya untuk instalasi dan bereksperimen dengan alat musik baru. Pembuat, tentu saja, menggunakannya untuk membangun banyak proyek untuk dipamerkan misalnya ataupun untuk pendidikan. Arduino adalah alat kunci untuk belajar hal-hal baru. Siapapun dapat mulai bermain-main hanya mengikuti tutorial modul Arduino, atau berbagi ide online dengan anggota lain dari komunitas Arduino.

Ada banyak mikrokontroler lain dan platform mikrokontroler yang tersedia untuk komputasi fisik.
Parallax Basic Stamp, Netmedia yang BX-24, Phidgets, MIT Handyboard, dan banyak lainnya menawarkan fungsionalitas yang sama. Semua alat-alat ini mengambil rincian acak pemrograman mikrokontroler dan membungkusnya dalam sebuah paket yang mudah digunakan.
Arduino juga menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, tetapi menawarkan beberapa keuntungan bagi guru, siswa, dan amatir yang tertarik dengan sistem lain:



Sebagai contoh bisa di lihat pada youtube saya , menggunakan Arduino UNO dan LCD pada postingan saya Belajar Arduino UNO R3 - #SAVEPEKANBARU , mari belajar !

Label: , ,